Pemula Wajib Tahu Syarat KPR Rumah Berikut Ini!

Mahalnya harga rumah saat ini membuat banyak orang memilih pembelian sistem kredit atau melalui KPR saja dibandingkan dengan langsung beli tunai, karena meskipun sebenarnya secara keuangan biaya yang harus dibayarkan lebih besar atau mahal, namun secara psikologis justru terasa lebih ringan. Apalagi hunian tersebut dapat diangsur hingga puluhan tahun, sehingga tidak perlu khawatir akan biayanya yang terasa berat atau sejenisnya. Syarat KPR rumah juga terasa lebih mudah dengan adanya program DP 0 persen.

Syarat Mengajukan KPR

Guna bisa membeli rumah dengan sistem KPR, pada dasarnya tidak semua orang yang apply sudah pasti akan approve, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Pada dasarnya berbeda bank maka akan berbeda pula syarat yang diberikan, namun rata-rata persyaratannya sendiri sejenis, berikut ini yang patut Anda ketahui, yaitu :

  1. Batas usia, persyaratan yang pertama adalah berhubungan dengan usia dari calon debitur, minimal adalah sudah memasuki usia produktif yaitu 21 tahun, sedangkan untuk syarat usia maksimal adalah tidak lebih dari ketentuan batas waktu cicilan dari bank tersebut, rata-rata adalah 65 tahun.
  2. Merupakan WNI, bank juga lebih mengutamakan calon pendaftar yang merupakan seorang Warga Negara Indonesia atau yang dikenal sebagai WNI.
  3. Melengkapi persyaratan dokumen, selanjutnya adalah persyaratan yang berhubungan dengan dokumen, patut untuk diketahui bahwa syarat dokumen ini sendiri bukan sekedar formalitas semata, melainkan wajib digunakan untuk mencocokkan atau proses verifikasi kelayakan dari calon pendaftar, seperti diantaranya adalah identitas diri, slip gaji, NPWP dan beberapa dokumen pendukung yang lainnya.
  4. Memiliki pekerjaan dan gaji tetap, persyaratan yang lainnya juga berhubungan dengan income, karena bank tidak akan menyetujui permintaan kredit, jika dirasa secara financial belum mencukupi, yaitu paling tidak sudah punya pekerjaan tetap dan memenuhi syarat minimal kerja, serta secara penghasilan juga sudah memenuhi syarat.
  5. Menyiapkan uang muka, selanjutnya adalah syarat KPR rumah dengan mewajibkan uang muka atau DP, minimal uang muka yang diberikan adalah sebesar 20 persen dari harga hunian, namun lebih besar dari jumlah tersebut tentunya akan jauh lebih baik, dimana nantinya membuat rasio hutang semakin kecil, sehingga potensi apply diterima juga tinggi.

Tips Memilih Bank Yang Tepat Untuk KPR Rumah

Ketika Anda ingin mengajukan KPR, maka hal yang paling penting selain dengan memilih atau menentukan hunian yang ingin di kredit adalah dengan menentukan bank, yaitu di bank manakah nantinya ingin ambil pinjaman atau kredit tersebut. Apalagi di Indonesia sendiri ada banyak bank yang menawarkan program tersebut, hanya saja memang tidak semuanya aman serta terpercaya, berikut ini cara memilih yang tepat, yaitu :

  1. Pastikan bank yang legalitasnya jelas dan punya reputasi baik, meskipun ada banyak bank di Indonesia dengan program KPR, namun tidak semuanya dijamin aman atau legal, pastikan yang sudah terdaftar oleh OJK, serta yang tidak kalah penting adalah mengenal reputasi dari perbankan tersebut. Jangan mengajukan pinjaman kepada bank yang punya reputasi buruk.
  2. Bank yang menawarkan beban bunga dan biaya lain-lain rendah, selanjutnya adalah fakta bahwa di dalam program pinjaman ini Anda nantinya akan dibebani dengan bunga serta beberapa beban biaya lain, namun harus selektif juga dalam memilih, pastikan bunganya rendah. Sehingga tidak terlalu membebani keuangan Anda, apalagi dalam KPR ini jumlah pinjaman juga relatif besar.
  3. Pertimbangkan beberapa keuntungan lain yang ditawarkan oleh bank, misalnya adalah memberikan diskon potongan cicilan selama beberapa bulan atau mungkin juga ada program asuransi gratis yang diberikan oleh bank, hal-hal tersebut juga bisa masuk kedalam pertimbangan Anda jika ingin lebih untung.

Setidaknya itulah beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan dalam memilih lembaga dalam mengambil program KPR atau kredit untuk pembiayaan rumah. Syarat KPR rumah mudah dan dengan beban biaya yang ringan, maka Anda dapat mempercayakannya hanya kepada bank BCA saja. Di Indonesia perbankan yang satu ini sudah dikenal sejak lama menghadirkan kualitas serta layanan terbaik. Bahkan produk pinjaman yang ditawarkan juga relatif beragam. Untuk informasi leboih lanjut klik tautan ini https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *